Image by rawpixel.com on Freepik
Source: Freepik

Kemeja adalah pakaian terbaik yang harus digunakan ketika kita harus menghadiri acara-acara resmi dan formal. Kemeja dapat membantu kita terlihat lebih rapi dan sopan dalam situasi tersebut. Namun, jenis dan bahan kemeja kini sangat beragam dan seringkali membuat kita kepayahan dalam menentukan pilihan, kita merasa bingung dalam memilih yang terbaik dari yang terbaik. Membeli kemeja di mal bisa menjadi solusi yang praktis dan efisien. Di mal, kita dapat menemukan beragam bahan yang dapat memberikan kenyamanan pada tampilan kemeja, akan tetapi membeli terus-terusan membeli kemeja di mal sama saja dengan bakar-bakar uang! Karena harganya yang mahal, belum lagi tambahan pajak yang harus kita tanggung.

Untuk kamu yang sedang mencari-cari bahan kemeja pria terbaik seperti yang ada di mal. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai bahan kemeja yang umum ditemui di mal, kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan. simak sampai habis!

Apa Saja Bahan Kemeja yang Bagus

Kain Katun Premium

Kain Katun Premium adalah jenis kain berbahan dasar kapas. Katun premium berkualitas tinggi sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai kemeja pria. Banyak juga merek ternama yang menggunakan kain jenis ini karena terkenal lembut dan sangat nyaman untuk digunakan, memiliki daya serap yang baik, serta sirkulasi udara yang menghalau rasa gerah. Kain Katun Premium memberikan kenyamanan dan kepraktisan dalam pemakaian sehari-hari. Selain itu, kain katun juga cenderung mudah dirawat dan tahan lama.

Kain Linen

Kain Linen terbuat dari serat alami tanaman rami, dan sering dijadikan pilihan untuk kemeja pria yang ingin tampil santai namun tetap stylish dan rapi. Kain ini memiliki tekstur yang sedikit kurang rapi namun ringan dan sangat nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Kain jenis ini mampu memberikan sirkulasi udara yang baik, dan memiliki kemampuan menyerap keringat dengan efisien. Namun, perlu diperhatikan bahwa linen cenderung rentan terhadap kerutan, jadi kemeja dengan bahan linen lebih cocok digunakan untuk acara semi formal saja.

Kain Silk

Kain silk atau dikenal juga dengan kain sutra sangat terkenal dengan kemewahannya yang khas. Meskipun lebih sering digunakan dalam kemeja formal, sutra juga bisa menjadi pilihan yang elegan untuk acara semi-formal. Kain ini memiliki tekstur lembut dan kilauan yang khas. Untuk kamu yang memiliki kemeja berbahan sutra kamu harus lebih berhati-hati dalam merawatnya. Karena kamu pasti akan sangat menyesal apabila kemeja mewahmu sampai salah penanganan dan akhirnya rusak.

Kain Oxford

Kain Oxford terbuat dari serat katun dengan konstruksi khas yang menghasilkan tekstur kasar dan sedikit berlubang-lubang. Kain ini memberikan tampilan yang santai namun tetap rapi, sehingga sering digunakan dalam kemeja kasual maupun semi-formal. Oxford memiliki daya tahan yang baik dan cenderung mudah dirawat.

Kain Flanel

Kalian pasti sudah tidak asing dan mungkin sudah memiliki beberapa. Kain Flanel terkenal dengan tekstur lembut, hangat, dan seringkali diproduksi dengan motif kotak-kotak. Cocok digunakan dalam kemeja musim dingin atau sebagai pilihan yang nyaman untuk suasana kasual yang santai. Flanel memiliki kemampuan isolasi yang baik dan memberikan rasa hangat saat dipakai.

Kain Chambray

Kain chambray memiliki pola serupa dengan denim akan tetapi berbeda, kain jenis ini lebih ringan dan lembut. Kain ini sering digunakan dalam pembuatan kemeja kasual dengan penampilan yang stylish untuk santai. Chambray memberikan penampilan denim head yang keren akan tetapi tanpa perlu mengorbankan kenyamanan seperti menggunakan raw denim yang menyiksa.

Kain Drill

Kain Drill umumnya terbuat dari serat katun yang lebih padat dan tahan lama. Kain ini sering digunakan dalam kemeja kerja lapangan karena memiliki ketahanan yang sangat baik, kain ini tidak mudah sobek dan sangat cepat kering apabila terkena air. Drill memberikan kekuatan dan ketahanan, serta memberikan terstruktur elegan dan formal ketika dikenakan.

Kain Pique

Kain Pique seringkali digunakan dalam pembuatan polo shirt, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat kemeja pria. Kain ini memiliki tekstur khas yang terlihat seperti pola anyaman atau rajutan. Pique memberikan penampilan yang sporty namun tetap rapi, serta memberikan kenyamanan dan sirkulasi udara yang baik.

Nah itu tadi adalah beberapa pilihan bahan kemeja yang juga digunakan oleh produsen ternama untuk membuat produknya. Pemilihan jenis kain untuk kemeja pria tergantung pada kebutuhan dan style masing-masing. Setiap jenis kain memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri, dan penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kenyamanan, perawatan, serta suasana acara sebelum memilih bahan yang tepat sebelum memilih bahan kemeja.

Tidak menemukan jenis kain incaran di daerah sekitarmu? LOKAKAIN adalah solusi terbaik memperoleh jenis kain terbaik yang kamu impikan. Bebas konsultasi dengan admin kami apabila memiliki pertanyaan seputar kain dan rekomendasi bahan membuat pakaian yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *