pengertian kain rayon, bahan kain rayon, kain rayon

Rayon adalah benang yang berasal dari serat tumbuhan hasil regenerasi selulosa (dinding tumbuhan) atau dari serat kayu yang sudah dihaluskan. Jadi rayon dapat dikatakan berasal dari serat yang semi alami. Dalam pembuatan serat rayon, perlu melalui proses pelarutan selulosa yang akan mengubahnya menjadi serat yang diinginkan.

Jenis Kain Rayon

Yang membedakan jenis kain rayon ada pada jenis  benang rayon yang digunakan (20S, 30S, atau ada campuran benang lain), bentuk anyaman saat proses produksi, dan kerapatan benang yang digunakan. Beberapa jenis kain rayon yang selalu menjadi favorit adalah Rayon 30S, Rayon poplin, TR Rayon, Rayon Twill. Setiap jenis kain rayon akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Rayon 30s

kain rayon 30s, bahan rayon 30s, rayon 30s, jenis bahan rayon, jenis kain rayon

Rayon 30S ini terbuat dari 100% rayon sehingga bahan ini favorit untuk diaplikasikan menjadi homewear, sleepwear, blouse, terusan casual. Karakteristik dari bahan ini adalah flowy, lembut, tidak berbulu, adem, tidak menerawang.

Rayon Poplin

jenis bahan rayon, jenis kain rayon, rayon poplin

Rayon poplin ini diproses dengan teknik anyaman plat, hasilnya kain memiliki serat yang rapat, bahannya halus mudah dibentuk,lembut, adem, dingin, nyaman digunakan. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat baju tunik, atasan, dress, homewear.

Rayon Twill

Rayon twill adalah jenis kain rayon yang dibuat dengan anyaman twill, sehingga kain yang dihasilkan akan tampak serat miring. Bahan rayon twill banyak digunakan untuk atasan, piyama, gamis, hijab. Karakteristik dari rayon twill serupa dengan rayon lainnya, saat dipegang kain halus, lembut, tidak berbulu.

TR Rayon

jenis kain rayon, jenis bahan rayon, bahan rayo, TR Rayon

TR Rayon merupakan kain campuran dari benang rayon dan benang polyester. Walaupun ada campuran polyester, kain ini tetap nyaman digunakan dan tipe kain nya juga halus. Cocok digunakan untuk atasan, baju gamis, baju koko.

Karakteristik Kain Rayon

karakteristik kain rayon, ciri-ciri kain rayon

Walaupun ada begitu banyak jenis kain berbahan dasar rayon, yang membedakan antara satu dengan yang lain adalah jenis anyaman yang digunakan saat proses produksi, bahan campuran benang lain yang digunakan, tetapi pada dasarnya kain rayon memiliki karakteristik sebagai berikut :

Kesimpulan

Kain rayon meskipun terbuat dari serat sintetis, tetapi tidak kalah apabila dibandingkan dengan bahan serat alami seperti katun dari segi kenyamanan. 

Oleh karena itu, terutama di masa pandemi kain rayon menjadi sangat favorit karena nyaman digunakan saat banyak beraktivitas di rumah. Yuk langsung cek ke web kami untuk melihat beragam pilihan kain berbahan dasar rayon dan pilih warna favoritmu dari pilihan warna yang beragam.

Baca juga tentang rekomendasi bahan baju koko yang nyaman dikenakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *