bahan katun, katun, bahan kain, kain premium, kain katun

Bahan katun sampai saat ini masih menjadi primadona di industri fashion. Bahan katun berasal dari benang katun (cotton) yang merupakan serat alami dari tanaman kapas (genus : Gossypium). Di pasaran, kita sering mendengar kata kain katun dengan kualitas premium bukan? Sebenarnya bagaimana kain dapat dikategorikan sebagai kain premium? Kain premium adalah kain yang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan kain biasa, baik dari segi komposisi bahan (benang yang digunakan), treatment khusus yang dilakukan saat proses produksi, sampai akhirnya menghasilkan kain dengan handfeel yang lebih berkualitas.

Jenis-jenis Bahan Katun Premium

jenis, bahan katun, bahan katun premium, bahan dasar katun

Katun premium berbeda dengan katun biasa yang ada di pasaran. Katun premium adalah bahan katun yang terbuat dari 100% cotton jadi tidak ada campuran polyester sehingga bahan kain akan memiliki sifat cotton seutuhnya, yaitu halus, adem saat digunakan, dapat menyerap keringat dengan baik, dan bahannya juga kuat. Dari sisi kualitasnya, tentu kain katun premium lebih unggul dibandingkan katun biasa, walaupun untuk segi harga dapat lebih tinggi. Tapi biaya yang dikeluarkan akan sejalan dengan kualitas dan kenyamanan yang dirasakan pengguna. Terdapat beberapa jenis katun premium, yaitu katu poplin, katun poplin spandex, katun rami, dan katun oxford, katun paris.

Bahan Katun Poplin Spandex/Stretch

bahan katun poplin, spandex, bahan spandex,

Katun poplin stretch ini terbuat dari 97% katun 40s dan 3% spandex. Komposisi spandex ini yang membuat kain stretch ke dua arah. Dengan adanya stretch ini, membuat pengguna dapat lebih nyaman karena pengguna bebas bergerak. Katun poplin stretch ini hadir dalam banyak pilihan warna dari warna yang netral sampai warna cerah sehingga cocok digunakan untuk membuat atasan, terusan, baju koko, outer.

Bahan Katun Rami 20 S

bahan katun rami, rami 20s, bahan 20s

Katun Rami terbuat dari campuran 50% benang katun dan 50% benang rami. Apa yang dimaksud dengan benang rami? Rami merupakan jenis tumbuhan yang menghasilkan serat alami dari kulit kayunya untuk kemudian dijadikan sebagai salah satu bahan baku tekstil.  Serat dari tumbuhan rami ini memiliki sifat seperti serat kapas (cotton). Katun rami memiliki sifat seperti bahan katun.

Katun Oxford

katun oxford, bahan katun oxford, bahan oxford

Katun Oxford memiliki warna dan motif seperti denim, tetapi teksturnya lebih lembut dan tipis. Katun Oxford juga sering disebut mirip dengan kain drill tetapi dari segi handfeel, katun oxford lebih tipis dan lebih halus.

Ciri-ciri Bahan Katun Premium

ciri bahan katun premium, ciri-ciri bahan katun

Cara membedakan katun premium dengan bahan katun lain adalah pada saat dipegang, katun premium akan lebih halus dan lembut dan pada saat sudah diproses menjadi pakaian, katun premium akan lebih nyaman saat digunakan.

Karakteristik dan Tekstur Kainnya

Karakter dan tekstur kain dari setiap jenis kain akan berbeda walaupun memiliki bahan dasar yang sama, yaitu benang katun. Berikut karakteristik & tekstur untuk kain yang sudah kita bahas sebelumnya :

Kualitas Kain

Jika berbicara soal kualitas, kain katun premium tentu memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan kain katun biasa. Karena terkadang di pasaran ada beberapa bahan yang menggunakan campuran polyester, tidak sepenuhnya menggunakan katun dengan pertimbangan tertentu. 

Seperti katun poplin spandex, secara kasat mata mungkin akan tampak serupa dengan katun spandex yang biasa, tetapi pada saat digunakan dan saat dipegang pasti memberikan handfeel yang berbeda. 

Kain katun premium memiliki sifat katun sepenuhnya, yaitu bahan kuat, lembut, halus, menyerap keringat dengan baik, dan nyaman saat digunakan.

Harga Kain

Dari sisi harga, katun premium bisa memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan katun biasa. Tetapi dimana ada harga, pasti ada kualitas. Dengan menggunakan kain yang berkualitas, produk yang dihasilkan juga dapat lebih baik dan nilai jual yang ditawarkan juga dapat lebih tinggi.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, ternyata katun premium memiliki beragam jenisnya. Pada dasarnya komposisi utama yang digunakan adalah tetap benang katun, tetapi ada perbedaan dari segi proses atau treatment tambahan pada saat proses produksi-finishing produk. Langsung saja cek beragam produk-produk menarik di platform kami.

Setelah membahas tentang katun premium, di artikel selanjutnya kita akan membahas tentang katun combed, pensaran? Langsung aja simak di artikel selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *