kain, linen, rami, tentang kain, kain linen, kain rami

Halo sobat kain, kali ini kita akan membahas salah satu kain yang merupakan salah satu bahan tertua di Dunia. Yap! Kain tersebut merupakan kain linen rami. Berbeda halnya dengan bahan kanvas, satin, ataupun kagawa, karakteristik kain ini mengandung serat alami yaitu serat rami. Hal inilah yang menjadi ciri utama yang membedakannya dari jenis linen yang lain seperti kain linen look, linen crinkle, linen slub, linen viscose

Sejarah Kain Linen

Sebelum mengupas lebih dalam, kita bahas dulu nih guys soal linen. Linen merupakan jenis benang natural yang terbuat dari serat tumbuhan flaks yang tumbuh di negara yang beriklim dingin. Linen sendiri sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu di daerah Eropa. Pada mulanya di Mesir, kain dari benang linen ini banyak digunakan untuk seprai, taplak meja, pakaian dalam, saputangan. Serat flaks ini juga digunakan sebagai salah satu bahan baku yang digunakan di industri kertas yang berkualitas tinggi yang digunakan salah satunya untuk kertas pembungkus rokok. 

Pada zaman dahulu, untuk memproses serat flaks menjadi kain merupakan proses yang sangat panjang, karena sebelum diproses tumbuhan flaks ini harus “direndam” dahulu untuk melunakkan bagian kayu pembungkusnya. Untuk saat ini pemrosesanpemprosesan serat flax sudah menjadi lebih mudah dengan bantuan mesin. Meskipun begitu proses yang panjang akan terbayarkan dengan hasil yang didapatkan karena serat flax ini menghasilkan kain berkualitas yang kuat, halus, sejuk.

Bahan Baku Rami

bahan baku, bahan kain, bahan baku kain

Kain Rami tuh, guys, bahan bakunya berasal dari tanaman ramiramie (Boehmeria nivea), yang merupakan jenis tumbuhan yang menghasilkan serat alami dari bagian dalam kulit kayunya. Nah kemudian diprosesdi proses deh menjadi salah satu bahan baku tekstil.

Ramie dibudidayakan pertama kali di daerah asia timur, dan merupakan salah satu bahan tertua di dunia loh. Karena sudah dibudidayakan selama lebih dari 5000 tahun, malah konon katanya rami menjadi bahan pembungkus mumi di Mesir! Eitsss, tapi jangan takut ya. Soalnya hal ini bukan karena apa-apa, melainkan bahan rami ini tahan terhadap bakteri, jamur, lumut, kerusakan ringan, pembusukan hingga serangan serangga. Nah loh, banyak banget kan kelebihannya! Untuk jenis kain linen rami, sebenarnya didapatkan dari campuran benang linen dengan serat rami.

Karakteristik Bahan Rami

kain, linen, rami, linen rami, kain linen rami

Karakteristik dari sendiri sangat kuat, tahan lama dan memiliki daya serap tinggi. Daya serap yang tinggi ini memudahkan saat proses pencelupan warna guys, makanya warna pada bahan ini cukup banyak pilihannya.

Selain itu bahan rami ini breathable dan anti bakteri. Awet banget deh untuk dipakai terus-menerus! Sedangkan dari rupanya, bahan rami ini sedikit mirip sama sutra karena memiliki karakteristik yang berkilau dan mengkilap.

Kombinasi Kain Linen Dengan Rami

kombinasi, kain, linen, rami, linen rami, kain linen, kain rami, kain linen rami

Bayangin, kedua bahan tersebut aja udah punya kelebihannya masing-masing. Nah hasil kombinasi dari kedua kain antara linen dan rami ini menjadikan satu material yang unik dan berkarakter khas banget! 

Kain linen rami berkarakter khas dengan serat kain yang terlihat jelas dengan tekstur sedikit kaku. Sifat rami yang terkenal kuat membuat bahan tenunan rami tidak mudah rusak. Bahkan setelah dicuci berkali-kali akan membuat kain menjadi lebih lembut, dan warnanya tidak mudah pudar oleh sinar matahari. Kain linen rami juga nyaman dipakai, tidak panas, dan tidak tembus pandang.

Kelebihan Kain Linen Rami​

Kain linen rami ini memiliki serat benang yang besar dan berpori. Hal ini yang bikin kain ini adem dan nyaman banget untuk dipakai. Tekstur kainnya sendiri cukup tebal dan sedikit kaku sehingga kain tidak tembus pandang. Oleh karena itu, bahan linen rami banyak digunakan untuk baju koko, kemeja, gamis, dress, rok. Untuk tau lebih detail, kita langsung bedah aja yuk, guys!

Bisa Dipakai di Segala Cuaca

Karena karakteristiknya yang adem dan berdaya serap tinggi, tentu kain ini mudah banget menyerap air termasuk keringat! Sehingga kain ini cocok banget untuk kamu pakai di berbagai cuaca. Mau cuaca di luar terik, ga perlugaperlu takut lagi ya sobat!

Memiliki Daya Tahan yang Super Tinggi!

Serat linen rami terkenal sebagai salah satu serat natural yang terkuat, sehingga serat kain tidak mudah rusak meskipun telah melewati proses pencucian berkali-kali, sebaliknya justru semakin lama kain akan menjadi semakin halus.

Dapat Dicuci Dan Dikeringkan Dengan Mudah

Karakteristik dari linen rami yang memiliki serat yang besar dan berpori akan membuat kain ini menjadi lebih mudah dikeringkan. Perawatannya juga tergolong mudah, cukup dicuci tangan secara lembut sehingga tidak merusak serat kainnya.

Kesimpulan

Daya tahan dan karakter dari linen rami yang kuat, anti-bakteri dan diolah dari serat alami. Ditambah dengan tampilan yang unik, indah dan nyaman digunakan secara versatile. Tidak heran lagi ya guys, kalau kain ini dapat bertahan dan disukai dari jaman mesir kuno hingga menjadi pakaian fashion trendy terkini!

Selain kain linen rami, ada salah satu jenis kain yang familiar dan mungkin pernah sobatkain kenakan juga, yaitu kain brokat, nah mau tau ga pembahasan lebih jauh tentang kain brokat? Kalo mau simak penjelasannya di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *